Sabtu, 03 Juli 2010

Byron Scott Jadi Pelatih Cavaliers

 

Klub Cleveland Cavaliers menunjuk Byron Scott sebagai pelatih baru untuk musim mendatang. Scott menggantikan Mike Brown yang diberhentikan, karena gagal memberikan gelar juara musim ini. Penunjukan pelatih baru ini adalah langkah awal Cavaliers untuk memmperbaiki tim mereka ,meski status pemain bintangnya, LeBron James, belum dipastikan bertahan di tim itu atau tidak.

Tindakan Cavaliers memecat Brown memang dipandang punya resiko besar, karena Brown adalah pelatih paling sukses sepanjang sejarah tim itu. Dalam lima musim, dia selalu sukses membawa Cavaliers masuk ke babak playoff bahkan mencapai final pada 2007. Ia juga membawa Cavaliers meraih 127 kemenangan dalam dua musim terakhir. Namun Cavaliers tetap melakukan langkah ini supaya punya peluang lebih besar untuk mempertahankan James. Cavaliers menunjuk pelatih berusia 49 tahun ini di tengah "serangan" dari beberapa klub yang ingin mendapatkan James.
Scott sebelumnya pernah menangani New Jersey Nets (2000-2004) dan New Orleans Hornets (2004-2009). Scott pun pernah dianugerahi sebagai pelatih terbaik pada musim kompetisi 2007/2008 saat membawa Hornets meraih 56 kemenangan di babak reguler. Scott pernah membawa Nets lolos ke final NBA pada 2002 dan 2003.

"Yang kubutuhkan sekarang hanya penyesuaian dengan tim. Aku ingin turut membangun tim Cavaliers yang sudah punya banyak pengalaman dalam beberapa tahun terakhir," kata Scott yang pernah meraih tiga cincin juara sebagai pemain di Los Angeles Lakers. Sebagai pelatih, Scott sudah melalui 707 pertandingan dan meraih 352 kemenangan.

Catatan Scott di babka playoff NBA juga cukup cemerlang. Ia adalah pelatih keempat setelah Phil Jackson, Gregg Popovich dan Stan Van Gundy yang mampu meraih kemenangan di atas 50 persen pad babak playoff NBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar